Sabtu, 22 Januari 2011

Tips Menyelesaikan Tugas Akhir

Kendala pertama yang sering dihadapi ketika akan menyusun/menyelesaikan tugas akhir adalah menentukan ide. Ide untuk tugas akhir tidak harus selalu merupakan hal-hal yang baru, yang penting ide tersebut bersifat ilmiah dan tidak ”menjiplak” (original).

Kendala lain yang berkaitan dengan penentuan topik adalah terlalu sulitnya topik/ide yang telah dipilih, sehingga mentok di tengah jalan dan dengan terpaksa ”mengharuskan” kita mengganti topik. Hal ini tentu saja akan memperlambat proses penyelesaian tugas akhir kita karena dengan mengganti topik otomatis kita mengulang dari awal apa yang telah kita kerjakan.

Tips  :
• Brainstorming : jurnal, permasalahan yang timbul di dunia nyata, atau bisa juga dari fenomena alam yang terjadi.
• pilih materi yang paling disukai, agar kita lebih nyaman dalam mengerjakannya.
• Sebisa mungkin pilih topik yang ’diminati’ oleh dosen pembimbing. (supaya cepat di acc)
• Ikut penelitian dosen. (kalau ada)

Masalah manajemen waktu sepertinya menjadi kendala terbesar dalam menyelesaikan skripsi. Target waktu mengerjakan tugas akhir yang semula harus selesai dalam waktu kurang dari 4 bulan terpaksa harus molor jika kita tidak bisa mengatur waktu dengan baik.

• Buatlah jadwal/rencana kerja yang harus dilakukan selama proses pengerjaan tugas akhir.
• Ikuti dengan ketat setiap jadwal atau rencana kerja yang telah disusun.
• Lakukan evaluasi setiap rencana kerja yang telah dilakukan secara reguler (misalnya tiap minggu).
• Hindari ganti topik ditengah jalan, hal ini berkaitan permasalahan dalam menentukan topik tugas akhir.
• Buat jadwal rutin pertemuan dengan dosen pembimbing.
• Fokus pada tugas akhir yang dikerjakan. Sebisa mungkin kurangi kegiatan/masalah/hal-hal lain yang tidak berkaitan dengan tugas akhir karena hal itu bisa mengurangi konsentrasi terhadap apa yang sedang dikerjakan.

Masalah Dokumen : Hindari kehilangan file-file, draft, referensi, dan dokumen penting lainnya yang berkaitan dengan tugas akhir
Terkadang kita kurang begitu peduli menyimpan data-data yang telah terpakai, namun ada kalanya kita membutuhkan kembali data-data itu.

• Segera tuliskan ide/gagasan yang berhubungan dengan topik yang sempat terlintas di pikiran.
• Kumpulkan semua bahan, baik itu berupa buku, jurnal atau referensi lainnya dalam satu tempat untuk memudahkan kita mencarinya ketika diperlukan.
• Beri nama file sesuai tanggal revisi terakhir untuk memudahkan proses pengembalian jika tiba-tiba file kita hilang.
• Back up data-data/file-file yang berhubungan dengan tugas akhir kita untuk menghindari kemungkinan ada trouble dengan PC kita yang memungkinkan hilangnya semua data. Bisa dengan diburning ke CD-RW atau numpang nyimpen di komputer teman kost.
• Simpan semua hasil koreksi dari dosen pembimbing untuk menghindari ketidakkonsistenan pengkoreksian.

1 komentar: