Selasa, 15 Oktober 2019

SEBARAN PENDUDUK NEGARA BRAZIL


Editor : Masri Bowo, S.Kom
Sumber : Daftar Pustaka (Google)
Publish : BUANA COMPUTER


 BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Daftar beberapa negara yang ada di benua amerika :
NO
NAMA NEGARA
BAHASA
AGAMA
KARYA SENI
1
Brazil
Portugis
Katolik
Tari Capoeira
2
Argentina
Spanyol
Katolik
Tari Tango
3
Amerika Serikat
Inggris
Kristen
Tari hula hula

Brasil adalah negara terbesar di benua Amerika Selatan, luas wilayah Brasil yang sebesar 8.515.770 km2 ini juga merupakan negara terbesar kelima di dunia. Negara yang memiliki nama lengkap Republik Federal Brasil (Federative Republic of Brazil) ini merupakan negara bekas koloni Purtugal yang merdeka pada tanggal 7 September 1822. Brasil dijajah Portugal sejak tahun 1494 hingga 1822 atau selama 328 tahun. Dengan demikian, Brasil menggunakan bahasa Portugal sebagai bahasa resminya.
Selain sebagai salah satu negara terluas di dunia, Brasil juga merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Populasi yang mencapai 208.846.892 jiwa (2018) ini menjadikan Brasil sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kelima di dunia. Mayoritas penduduk Brasil beragama Katolik Roma yaitu sekitar 64,6% dan sebanyak 22,2% dari jumlah penduduknya beragama Protestan.
Secara geografis, Brasil berbatasan dengan hampir semua negara di benua Amerika Selatan kecuali negara Chili dan Ekuador. Negara-negara yang berbatasan dengan Brasil diantaranya adalah Uruguay, Argentina, Bolivia, Paraguay, Peru, Kolombia, Venezuela, Guyana dan Suriname. Sedangkan di sebelah Timur Brasil adalah Samudera Atlantik. Brasil secara astronomis terletak di antara 6°LU-34°LS dan 28°- 74°BB.
Di bidang Ekonomi, Brasil yang tergolong sebagai negara berkembang ini menduduki urutan ke-8 sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia. Pendapatan Domestik Bruto atau PDB Nominal Brasil mencapai US$ US$ 3,248 triliun dengan Pendapatan Per Kapita sebesar US$ 15.600,- (2017). Hasil-hasil Pertanian merupakan salah satu tulang punggung utama perekonomian Brasil. Beberapa hasil pertanian utama Brasil adalah Kopi, Kakao, Gandum, Tebu, beras, jagung dan kacang kedelai. Brasil adalah negara penghasil Kopi dan Tebu terbesar di dunia.
Bentuk Pemerintahaan yang dianut oleh Brasil adalah bentuk pemerintahan Republik Presidensil Federal yang Kepala Negara dan Kepala Pemerintahannya adalah Presiden beserta wakilnya.  Ibukota Brasil adalah Kota Brasilia. Presiden dan Wakil Presiden dipilih secara langsung oleh rakyat dalam Pemilihan Presiden untuk masa Jabatan 4 tahun (dapat dipilih kembali untuk 2 periode).

B. Rumusan Masalah
1.      Bagaimana jumlah dan sebaran penduduk Negara Brazil ?
2.      Bagaimana komposisi penduduk Negara Brazil ?
3.      Bagaimana budaya di Negara Brazil ?

C. Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui jumlah dan sebaran penduduk Negara Brazil
2.      Memahami komposisi penduduk Negara Brazil
3.      Mengenali budaya di Negara Brazil


BAB II
PEMBAHASAN

A. Penduduk Negara Brasil
Penduduk Negara Brasil berjumlah 184.101.110 jiwa. Tingkat pertumbuhan penduduknya 2,3% setiap tahunnya, sedangkan kepadatan penduduknya rata-rata 22 jiwa/km2

Penduduk Negara Brasil terdiri dari orang portugis (60%), Mestizo (26%), Afrika (9%), dan lain-lain (2%). Sebagian besar penduduk Negara Brasil tinggal di daerah pedesaan dengan tingkat penghasilan yang belum memuaskan. Kemiskinan dan kekurangan biji masih dialami oleh penduduk Negara Brasil terutama mereka yang tinggal di daerah pedalaman bagian tenggara.

Agama yang dianuta sebagian besar penduduk Brasil adalah Katholik (90%), sedangkan agama yang lainnya ialah protestan, yahudi, buddha, dan lain-lain. Bahasa persaruan yang dipergunakan ialah bahasa portugis (resmi) sedangkan bahasa lainnya ialah Inggris, Jerman, dan Italia. 

B. Komposisi Penduduk
Sebagian besar penduduk cenderung mendiami kota-kota besar di Pantai Atlantik. Untuk mengembangkan daerah pedalaman dibangunlah kota Brasilia City sebagai ibukota Brasil yang dipindahkan dari kota Rio de Janeiro di pantai timur. Brasilia City terletak di tengahtengah negara bagian Goias yang merupakan dataran tinggi atau plato yang hampir tidak ada penduduknya. Kota ini berkembang pesat dan saat ini berpenduduk sekitar 1,3 juta jiwa.

Sebelum bangsa kulit putih datang ke Amerika Selatan yaitu tahun 1500, penduduk Brasil hanya beberapa ratus ribu orang suku Indian. Mereka menempati daerah yang sangat luas tersebut. Kemudian, datang pemukim kulit putih, yaitu orang Portugis. Mengikuti jejak orang Portugis bermigrasi pula orang-orang Eropa lainnya seperti suku bangsa Prancis, Belanda, Inggris, dan ribuan budak kulit hitam dari Afrika yang dipekerjakan di lokasi perkebunan-perkebunan.

Berbaurnya orang dari berbagai kelompok tadi akhirnya memberikan keturunan yang disebut orang Brasil. Setelah itu pun banyak berdatangan pula orang Eropa dan kelompok lainnya. Pendatang tersebut seperti orang Polandia, Italia, Spanyol, bahkan dari Timur Tengah seperti Lebanon dan Asia Timur seperti Jepang. Saat ini sebagian besar penduduk menganut agama Katolik sekitar (93 %). 

Bahasa resmi yang digunakan Portugis, sedangkan berdasarkan etniknya secara umum penduduk Brasil dapat dibedakan menjadi empat kelompok etnik yaitu sebagai berikut.
a) Penduduk kulit putih (mayoritas keturunan Portugis).
b) Orang kulit hitam (negro).
c) Penduduk asli (Indian suku Tupinamba).
d) Penduduk campuran (Mestis, Mullat dan Zambo).

Penduduk Brasil gemar menyelenggarakan perayaan dan festival, terutama perayaan yang menyangkut keagamaan. Bentuk musik yang terkenal di Brasil adalah samba. Musik yang mengungkapkan jiwa dan semangat orang Brasil secara puitis.

C. Budaya
1)      Masakan
Masakan Brazil sangat bervariasi menurut wilayah. keragaman ini mencerminkan campuran negara asli dan imigran. hal ini telah menciptakan gaya memasak nasional yang ditandai dengan pelestarian perbedaan regional. Luis da Camara Coscudo menulis bahwa, yang telah di adaptasi di setiap wilayah negara, tidalk lagi hanya hidangan namun telah menjadi makanan lengkap. beras dan kacang, juga hadir dalam Feijoada, dan di anggap dasar di meja brazil, sangat di anggap sehat karena mengandung hampir semua asam amino, serat dan pati yang di butuhkan untuk tubuh kita. Brazil memiliki berbagai permen yang secara tradisional digunakan untuk ulang tahun, seperti brigadeiros ("brigadiers") dan beijinhos ("kissies"). makanan lain biasanya dikonsumsi di Brazil Coxinhas, Churrasco, Sfihas, Empanadas, kacang Pine ( dalam festa junina). khususnya di negara bagian Minas Gerais, diproduksi dan dikonsumsi roti keju terkenal. makanan khas utara ada pato tucupi tacaca, caruru, vatapa dan manicoba.

2)      Seni
seni tertua di Brazil adalah seni lukisan gua di serra da capivara taman nasional di negara bagian piaui 13.000 SM. salah satu jenis yang paling canggih dari pracolumbus artefak yang di temukan di Brazil adalah canggih marajoara gerabah (800-1400 M), dari budaya berkembang di pulau marajo dan di sekitar wilayah santarem, patung dan objek kultus, seperti jimat ukiran-batu kecil yang di sebut muiraquitas, juga memiliki budaya ini.
selain itu terdapat seni Brazil yang mendunia yaitu seni tari Samba, dan seni bela diri Capoera.

3)      Sastra dan Puisi.
sastra di Brazil kembali pada abad ke-16, dengan tulisan-tulisan para penjelajah Portugis pertama diBrazil, seperti Pero Vaz de Caminha, diisi dengan deskripsi dari flora,fauna dan pribumi yang kagum eropa yang tiba di Brazil. ketika Brazilmenjadi koloni Portugal, ada "Jesuit Sastra", yang utama bernama ayah Antonio Vieira, seorang Portugis Jesuit yang menjadi salah satu penulis Baroque sebagian dari bahasa Portugis. sebuah contoh yang lebih eksplisit beberapa sastra bertahan hidup dari periode ini, Jose Basilio da Gama's epik puisi merayakan penaklukan misi oleh portugis, dan pekerjaan dari Gregorio de Matos Guerra, yang menghasilkan jumlah cukup besar, agama satir, dan sekule puisi. Neoclassicism tersebar luas di Brazil pada pertengahan abad ke-18, menyusul gaya Italia, Brazil menghasilkan karya-karya penting dalam Romantisisme.

4)      Musik
musik popular Brazil yang di kembangkan sejajar dengan musik klasik dan jugabersatu instrument tradisional Eropa: gitar, piano, dan seruling, dengan seluruh irama bagian suara yang di hasilkan oleh penggorengan, tong kecil dengan membran dan sebuah tongkat dalam (cuicas) yang membuat mengi suara, dan rebana. selama tahun 1930-an musik populer Brazil diputar di radio yang menjadi sarana komunikasi  massa. pada pertengahan 1960-an "Garota de Ipanema", yang di bawa oleh garis melodi yang kaya, adalah hit Internasional besar pertama yang muncul dari nova bossa gerakan penyanyi Brazil dan composer.

5)      Agama
agama yang terbesar sekali di Brazil adalah Katolik Rom, apalagi Brazil mempunyai jumlah penduduk Katolik yang teramai di dunia. menurut bancian Demografi (kajian PNAD tidak bertanyakan agama), 75.57% penduduk menganut agama Katolik Rom, 15.41% Protestan, 1.33% Spiritisme Kardec, 1.22% Mazhab Kristian, 0.31% Budha, 0.05 % Yahudi, 0.02% Islam, 0.01% agama Amerindian, 0.59% lain-lain, tidak di nyatakan atau tidak di pastikan, manakala 7.35% yang selebihnya tidak menganuti sembarang agama.


BAB III
KESIMPULAN

A. Kesimpulan
Dari bahasan diatas dapat kita simpulkan bahwa penduduk adalah orang atau kelompok orang yang tinggal di suatu tempat, kampung/desa, wilayang maupun Negara dengan tanpa melihat status kewarganegaraan yang dianut oleh orang tersebut. Pertumbuhan penduduk yang cepat menyebabkan jumlah penduduk menjadi besar. Penyebabnya dari “meledaknya” jumlah penduduk tersebut dikarena beberapa factor , yaitu :
  • Pertumbuhan penduduk yang cepat
  • Penyebaran penduduk yang tidak merata
  • Banyaknya yang menikah di usia dini
  • Program KB belum terlaksana dengan baik
  • Banyak penduduk desa yang berurbanisasi
B. Saran
Demkian kepadatan penduduk yang terjadi di negara brazil bila tidak ditangani dengan tepat pengaruh kehidupan,lingkungan,ekonomi,edukasi,lahan pekerjaan pada masyarakat akan tidak terkendali,Solusi yang bisa digunakan sebagai upaya pencegahan atas masalah kependudukan, diantaranya:
1. Melaksanakan program  KB (2 anak lebih baik)
2. Menunda pernikahan dini
3. Meratakan pertumbuhan penduduk
Dari solusi tersebut, diharapakan Pertumbuhan Penduduk bisa lebih stabil dan hidup masyarakat menjadi lebih baik lagi dari yang sebelumnya.


DAFTAR PUSTAKA

http://anisaputriap05.blogspot.com/2018/01/kebudayaan-negara-brazil.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar