Senin, 14 Oktober 2019

IKLAN SARANA KOMUNIKASI


1.      IKLAN
Iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. (Rachmat Kriyantono).
Ciri – ciri
·         Menggunakan pilihan kata yang menarik, logis, tepat dan sopan
·         Menggunakan pilihan kata yang mempunyai sugesti bagi khalayak.
·         Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi utama yang dipentingkan
·         Menggunakan pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran.

2.      SLOGAN
Slogan adalah kalimat atau kata-kata yang relatif pendek yang umumnya menarik, mencolok, dan mudah untuk diingat yang digunakan untuk memberitahukan atau menyampaikan suatu informasi.
Ciri-Ciri Slogan
Hal yang membedakannya dengan iklan, berita, pengumuman, dan yang lainnya karena slogan mempunyai ciri-ciri khusus. Ciri-cirinya:
1.      Biasanya berupa perkataan yang mudah diingat dan menarik.
2.      Bisa berupa klausa, frase, kalimat, maupun motto.
3.      Bisa berupa semboyan sebuah organisasi atau masyarakat.

3.      POSTER
Poster ialah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf di atas kertas yang berukuran besar dan atau kecil. Penerapanna yaitu dengan menempelkan pada dinding atau diatas permukaan datar lainnya dengan sifat mencari perhatian mata sekuat mungkin. Untuk itu seringkali poster dibuat dengan warna-warna kontras dan kuat.
Terdapat ciri-ciri poster, antara lain:
·         Adalah suatu karya seni yang menggabungkan dua atau lebih unsur gambar dan kata-kata dibuat pada kertas berukuran besar supaya menjadi mudah dibaca orang banyak.
·         Memakai unsur warna yang mencolok supaya menarik perhatian
·         Mengandung kalimat yang kata-katanya singkat, terang dan ringan dibaca sehingga orang yang membacanya mudah memahami.
·         Seringkali selalu berisikan unsur gambar yang menarik perhatian, supaya banyak orang menjadi penasaran untuk melihat dan membaca infomrasi yang tertera di dalam poster.
·         Seringkali di pasang pada tempat yang strategis, seperti tempat umum yang tujuannya tentu supaya mudah diketahui orang banyak.

4.      IKLAN BARIS
iklan baris adalah informasi yang ditunjukkan untuk membujuk atau mendorong khalayak ramai agar tertarik dengan barang atau jasa yang ditawarkan dalam bentuk beberapa baris dan kolom yang sangat terbatas sehingga penulisannya menggunakan kata-kata yang singkat demi menghemat tempat dan biaya.
Adapun ciri-ciri iklan baris adalah sebagai berikut :
1.      Tampilan ikllan baris lazimnya berwarna hitam putih
2.      Iklan berada pada halaman koran atau media cetak lainnya
3.      Kolom iklan baris memiliki besar sekitar 3 x 5 cm
4.      Isi iklan berupa tulisan singkat, terdiri dari 3 sampai 4 baris
5.      Iklan baris biasanya langsung to the point ke fokus iklan, tanpa basa basi
6.      Ada informasi lebih lanjut berupa no hp yang dapat dihubungi
7.      Terkadang ada iklan baris yang memuat gambar, namun sangatlah kecil.

5.      IKLAN KOLOM
Pengertian iklan kolom adalah iklan yang bentuknya berdasarkan kolom, memuat informasi barang atau jasa dilengkapi dengan gambar sehingga dapat menarik perhatian pembaca. Iklan kolom sering disebut juga dengan iklan display karena terdiri dari kata-kata dan foto (gambar ilustrasi). Selain penawaran barang dan jasa, ada juga iklan kolom yang berisi informasi pernikahan, ucapan terimakasih dan berita duka.
Berikut ini 3 ciri-ciri iklan kolom yang perlu anda perhatikan dan pelajari sebelum membuatnya, antara lain :
1.      Berisi informasi berupa kata-kata singkat, beserta gambar ilustrasi.
2.      Ukuran iklan kolom lebih besar dari iklan baris, bahkan ukurannya satu halaman penuh di koran.
3.      Isi iklan kolom biasanya berisi penawaran barang dan jasa serta iklan pribadi, contohnya pernikahan, ucapan terimakasih dan berita duka cita.

6.      IKLAN PEMBERITAHUAN
Jenis iklan ini bertujuan untuk menarik perhatian khalayak tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan. Contoh iklan pemberitahuan:
·         Iklan berita duka cita
·         Iklan reuni alumni sekolah

7.      IKLAN LAYANAN MASYARAKAT
Iklan jenis ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada masyarakat tentang suatu isu atau hal tertentu. Iklan layanan masyarakat dibuat oleh lembaga atau instansi pemerintah atau organisasi non-profit.

8.      IKLAN PENAWARAN
Iklan jenis ini bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai. Contoh iklan penawaran:
·         Iklan penawaran barang/ produk, misalnya tas, sepatu, smartphone, dan lain-lain.
·         Iklan penawaran jasa, misalnya jasa kurir, jasa pengobatan alternatif, dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar