1.
IKLAN
Iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui
suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan kepada
sebagian atau seluruh masyarakat. (Rachmat
Kriyantono).
Ciri
– ciri
·
Menggunakan pilihan kata yang menarik, logis, tepat dan sopan
·
Menggunakan pilihan kata yang mempunyai sugesti bagi khalayak.
·
Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi utama yang
dipentingkan
·
Menggunakan pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran.
2.
SLOGAN
Slogan
adalah kalimat atau kata-kata yang relatif pendek yang umumnya menarik,
mencolok, dan mudah untuk diingat yang digunakan untuk memberitahukan atau
menyampaikan suatu informasi.
Ciri-Ciri Slogan
Hal
yang membedakannya dengan iklan, berita, pengumuman, dan yang lainnya karena
slogan mempunyai ciri-ciri khusus. Ciri-cirinya:
1. Biasanya berupa perkataan yang mudah
diingat dan menarik.
2. Bisa berupa klausa, frase, kalimat,
maupun motto.
3. Bisa berupa semboyan sebuah
organisasi atau masyarakat.
3.
POSTER
Poster
ialah karya seni atau desain grafis yang berisi komposisi gambar dan huruf di
atas kertas yang berukuran besar dan atau kecil. Penerapanna yaitu dengan
menempelkan pada dinding atau diatas permukaan datar lainnya dengan sifat
mencari perhatian mata sekuat mungkin. Untuk itu seringkali poster dibuat
dengan warna-warna kontras dan kuat.
Terdapat ciri-ciri poster, antara lain:
·
Adalah
suatu karya seni yang menggabungkan dua atau lebih unsur gambar dan kata-kata
dibuat pada kertas berukuran besar supaya menjadi mudah dibaca orang banyak.
·
Memakai
unsur warna yang mencolok supaya menarik perhatian
·
Mengandung
kalimat yang kata-katanya singkat, terang dan ringan dibaca sehingga orang yang
membacanya mudah memahami.
·
Seringkali
selalu berisikan unsur gambar yang menarik perhatian, supaya banyak orang
menjadi penasaran untuk melihat dan membaca infomrasi yang tertera di dalam
poster.
·
Seringkali
di pasang pada tempat yang strategis, seperti tempat umum yang tujuannya tentu
supaya mudah diketahui orang banyak.
4.
IKLAN
BARIS
iklan baris adalah informasi yang ditunjukkan
untuk membujuk atau mendorong khalayak ramai agar tertarik dengan barang atau
jasa yang ditawarkan dalam bentuk beberapa baris dan kolom yang sangat terbatas
sehingga penulisannya menggunakan kata-kata yang singkat demi menghemat tempat
dan biaya.
Adapun
ciri-ciri iklan baris adalah sebagai berikut :
1. Tampilan ikllan baris lazimnya
berwarna hitam putih
2. Iklan berada pada halaman koran atau
media cetak lainnya
3. Kolom iklan baris memiliki besar
sekitar 3 x 5 cm
4. Isi iklan berupa tulisan singkat,
terdiri dari 3 sampai 4 baris
5. Iklan baris biasanya langsung to the
point ke fokus iklan, tanpa basa basi
6. Ada informasi lebih lanjut berupa no
hp yang dapat dihubungi
7. Terkadang ada iklan baris yang
memuat gambar, namun sangatlah kecil.
5.
IKLAN
KOLOM
Pengertian
iklan kolom adalah iklan yang bentuknya berdasarkan kolom, memuat informasi
barang atau jasa dilengkapi dengan gambar sehingga dapat menarik perhatian
pembaca. Iklan kolom sering disebut juga dengan iklan display karena terdiri
dari kata-kata dan foto (gambar ilustrasi). Selain penawaran barang dan jasa,
ada juga iklan kolom yang berisi informasi pernikahan, ucapan terimakasih dan
berita duka.
Berikut ini 3 ciri-ciri iklan kolom
yang perlu anda perhatikan dan pelajari sebelum membuatnya, antara lain :
1.
Berisi
informasi berupa kata-kata singkat, beserta gambar ilustrasi.
2.
Ukuran
iklan kolom lebih besar dari iklan baris, bahkan ukurannya satu halaman penuh
di koran.
3.
Isi
iklan kolom biasanya berisi penawaran barang dan jasa serta iklan pribadi,
contohnya pernikahan, ucapan terimakasih dan berita duka cita.
6.
IKLAN
PEMBERITAHUAN
Jenis iklan ini bertujuan untuk
menarik perhatian khalayak tertentu melalui sebuah informasi atau
pemberitahuan. Contoh iklan pemberitahuan:
·
Iklan
berita duka cita
·
Iklan
reuni alumni sekolah
7.
IKLAN
LAYANAN MASYARAKAT
Iklan
jenis ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pencerahan kepada masyarakat
tentang suatu isu atau hal tertentu. Iklan layanan masyarakat dibuat oleh
lembaga atau instansi pemerintah atau organisasi non-profit.
8. IKLAN PENAWARAN
Iklan jenis ini bertujuan untuk
menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai. Contoh iklan penawaran:
·
Iklan
penawaran barang/ produk, misalnya tas, sepatu, smartphone, dan lain-lain.
·
Iklan
penawaran jasa, misalnya jasa kurir, jasa pengobatan alternatif, dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar