Rabu, 16 Oktober 2019

SEBARAN PENDUDUK NEGARA MESIR

Publish : BUANA COMPUTER
Editor : Masri Bowo, S.Kom
Sumber : Google
 



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Daftar beberapa negara yang ada di benua afrika :
NO
NAMA NEGARA
BAHASA
AGAMA
KARYA SENI
1
Mesir
Bahasa Arab
Islam, Kristen
Piramida
2
Afrika Selatan
Inggris
Kristen
Seni Patung
3
Tunisia
Bahasa Arab
Islam
funun sya'biyyah

Afrika adalah benua terbesar kedua dunia dan kedua terbanyak penduduknya setelah Asia. Dengan luas wilayah 30.224.050 km² termasuk pulau-pulau yang berdekatan, Afrika meliputi 20,3% dari seluruh total daratan Bumi. Benua ini merupakan tempat bagi sepertujuh populasi dunia.
Afrika memiliki gurun yang panas terbesar dan hutan tropis terbesar kedua di dunia yang menghambat pembangunan berarti benua dari transportasi, menghambat ekonominya. Di tengah-tengah benua, di sisi barat, hampir tak tertembus hutan hujan menghambat transit orang dan barang. Sahara menciptakan penghalang yang jelas untuk perdagangan dari utara. Walaupun Afrika memiliki sistem sungai besar seperti Sungai Nil , Niger , Kongo , dan Zambezi , mereka tidak menghubungkan benua ke rute perdagangan secara efektif seperti yang terjadi di Eropa dan Cina.

B. Rumusan Masalah
1.      Bagaimana jumlah dan sebaran penduduk Negara Mesir ?
2.      Bagaimana komposisi penduduk Negara Mesir ?
3.      Bagaimana budaya di Negara Mesir ?

C. Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui jumlah dan sebaran penduduk Negara Mesir
2.      Memahami komposisi penduduk Negara Mesir
3.      Mengenali budaya di Negara Mesir


BAB II
PEMBAHASAN

A. Penduduk Negara Mesir
Mesir atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Egypt adalah sebuah negara yang terletak di dua benua (trans-benua) yaitu benua Afrika dan benua Asia. Negara dengan nama lengkap Republik Arab Mesir ini sebagian besar wilayahnya terletak di bagian timur laut Afrika sehingga sering digolongkan sebagai negara yang berada di benua Afrika. Berbagai media dan organisasi internasional juga sering menggolongkan Mesir sebagai negara yang berada di kawasan Timur Tengah.
Penduduk Negara Mesir berjumlah kurang lebih 76.117.420 jiwa, dengan laju pertumbuhan penduduk 2,9% setiap tahunnya. Mesir memiliki kepadatan penduduk 66 jiwa / km2. Mesir merupakan negara yang penyebaran penduduknya paling tidak merata di dunia karena hanya 4% wilayah negara Mesir yang didiami oleh penduduknya, sedangkan 96% wilayah lainnya merupakan padang pasir yang gersang.Penduduk Negara Mesir terdiri dari suku Hamis, suku Nubia, dan suku Arab. Suku Hamis merupakan suku asli Mesir yang bercirikan kulit putih kehitam-hitaman, suku Nubia berkulit hitam, dan suku Arab berkulit kemerah-merahan.

B. Komposisi Penduduk
Mesir mengatakan penduduknya sekarang berjumlah hampir 95 juta orang, ditambah kira-kira 9,4 juta lagi yang tinggal di luar negeri, menurut data sensus terbaru.
Data tersebut diumumkan dalam upacara yang ditayangkan televisi hari Sabtu (30/9) di mana temuan angka sensus terbaru negara itu dibacakan oleh Abu-Bakr el-Gindy, kepala Biro Statistik Negara.
Jumlah penduduk Mesir, 94.798.827 bulan April, peningkatan 22 juta orang sejak tahun 2006, ketika sensus terbaru diadakan. Penduduk negara itu berjumlah 38,3 juta tahun 1986 dan 59,3 juta orang 10 tahun kemudian.
El-Gindi mengatakan warga Mesir yang berusia antara 15 dan 34 tahun merupakan 34,8 persen dari jumlah penduduk.
Ibukota Mesir, Kairo dan provinsi kembarnya Giza keduanya mempunyai jumlah penduduk 18,1 juta orang. Mesir adalah negara Arab yang berpenduduk paling besar.

C. Kebudayaan Mesir
Mesir sangat terkenal sebagai salah satu pusat kebudayaan dunia pada zaman purba. Peninggalan-peninggalan kebudayaan Mesir, sepert piramida, sphinx, obelisk, dan hiroglif. Piramida terdapat di Giza dan Sakara. Sphinx terdapat di Sakara. Sphinx di bangun 5000 tahun yang silam. Piramida merupakan kuburan para raja. Sphinx adalah patung berkepala manusia berbadan singa yang dimaksudkan untuk melindungi makam para raja. Obelisk adalah tugu segi empat terbuat dari batu. Hiroglif adalah tulisan dan lukisan pada peninggalan kuno.
Untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia, pemerintah Mesir memberlakukan gerakan wajib belajar. Gerakan ini diwajibkan kepada anak-anak berusia 6-12 tahun. Mereka mendapat keringanan berupa bebas uang sekolah atau uang kuliah. Universitas Al-Azhar adalah universitas di Kairo yang merupakan universitas tertua di dunia yang dibangun pada tahun 910 M. Banyak mahasiswa Islam dari berbagai negara menuntut ilmu di universitas tersebut.


BAB III
PENUTUP

Kesimpulan
Persebaran penduduk mesir itu tidak rata. Hampir 90% dari penduduknya tingggal di daerah sekitar aliran sungai nil akibat sebagian besar wilayahnya merupakan gurun yang gersang dan panas, sehingga sangat sulit untuk bertempat tinggal di sana. Akan sangat susah untuk bercocok tanama ataupun mencari sunber air



DAFTAR PUSTAKA

http://makalahirfan.blogspot.com/2016/09/peradaban-mesir.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar